Senin, 17 Oktober 2011

Strategi Breakout Support dan Resistance


Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang Breakout Strategy, saya buat berdasarkan yang terjadi saat ini:


Saya sering menentukan Support dan Restant, barang kali ada yg belum paham tentang hal ini, ini sangat dasar sekali bagi seorang trader untuk memulai trading, karena dengan mengetahui titik support dan resistant kita tau dimana harus menentukan target.

Support dan Resistant:
Support & Resistance sangat penting terutama untuk menentukan Target Point. Support & Resistance adalah level-level kritis yang merupakan level psikologis yang digunakan oleh para pelaku pasar dalam mengambil keputusan apakah harga akan berlanjut atau berbalik arah.

Support (batas bawah) dibentuk dengan menghubungkan dua atau lebih harga terendah.

Resistance (batas atas) dibentuk dengan menghubungkan dua atau lebih harga tertinggi.

Prinsip dasar Support & Resistance : Secara umum support & resistance dibentuk oleh harga tertinggi & harga terendah, biasanya bila harga berhasil menembus garis support & resistance atau dengan kata lain berhasil melampaui harga tertinggi atau terendah sebelumnya maka pergerakan harga akan berkelanjutan. Sedangkan Bila harga tidak dapat menembus garis support atau resistance maka harga akan berbalik arah. Prinsip inilah yang akan mendasari teori-teori lain mengenai support & resistance.

dapat anda lihat contohnya dibawah ini:



sesuai chart diatas ada beberapa strategy yg saya buat dengan trendline, yaitu Symetrical Triangles, Double Top dan Flag.

SYMETRICAL TRIANGLES (SEGITIGA SIMETRIS)
Pola Segitiga Simetris terjadi apabila pergerakan harga semakin mengecil memusat di tengah dimana minat beli berkurang dan minat jual pun berkurang. Hal ini disebut konsolidasi harga.

Pada pola harga di atas dapat ditarik garis membentuk segitiga yang semakin memusat. Kita tidak tahu kemana harga akan bergerak tetapi biasanya ketika harga berhasil menembus garis segitiga simetris maka trend baru akan dimulai.
Strategi : Gunakan puncak tertinggi pada pertengahan segitiga sebagai entry order BUY dan SL pada pertengahan segitiga. Sebaliknya gunakan lembah terendah pada pertengahan segitiga sebagai entry order SELL dan SL pada pertengahan segitiga.

DOUBLE TOP, saya sudah jelaskan diposting sebelumnya silahkan dibuka kembali posting sebelumnya.

FLAG (POLA BENDERA)
Flag adalah variasi lain dari consolidation channel.

apa itu consolidation channel?
Consolidation Channel terjadi bila harga bergerak sideway

bagaimana strateginya?
Strategi 1:
Untuk channel dengan range <20 pips, tambahkan 30% dari range channel pada level resistance sebagai entry order BUY, kurangi level resistance 30% dari range channel sebagai SL. Begitu pula sebaliknya untuk entry order SELL.

Strategi 2 :
Untuk channel dengan range >20 pips, kita dapat manfaatkan fluktuasi harga dalam range. Bagi range dalam tiga area 30%, 40%, 30%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar